Kamis, 24 April 2008

Rela Dimasukkan Neraka

RELA DIMASUKKAN NERAKA

Alkisah, suatu hari Nabi Musa AS sedang berjalan-jalan melihat keadaan umatnya. Nabi Musa melihat seseorang sedang beribadah. Umur orang tersebut lebih dari 500 tahun. Orang itu adalah seorang yang ahli beribadah. Nabi Musa kemudian menyapa dan mendekatinya. Setelah berbicara sejenak ahli ibadah itu bertanya kepada Nabi Musa, “Wahai Nabi Musa, aku telah beribadah kepada Allah SWT selama 350 tahun tanpa melakukan perbuatan dosa. Di surga manakah Allah akan meletakkanku? Tolong sampaikan pertanyaanku ini kepada Allah”.

Nabi Musa mengabulkan permintaan orang soleh tersebut, kemudian Nabi Musa bermunajat memohon kepada Allah agar Allah SWT memberitahukan kepadanya di surga mana umatnya ini akan ditempatkan kelak. Allah SWT berfirman, “Wahai Musa, sampaikan kepadanya bahwa Aku akan meletakkannya di dasar neraka-Ku yang paling dalam”. Nabi Musa kemudian mengabarkan kepada orang tersebut apa yang telah difirmankan Allah kepadanya. Ahli ibadah itu terkejut. Dengan perasaan sedih ia beranjak dari hadapan Nabi Musa AS.

Malam harinya ahli ibadah itu terus berfikir mengenai keadaan dirinya. Ia juga mulai memikirkan bagaimana keadaan saudara-saudaranya, teman-temannya, dan orang lain yang mereka baru beribadah selama 100 tahun, 200 tahun, dan mereka yang belum beribadah sebanyak dirinya, dimana lagi tempat mereka kelak di akhirat.

Keesokan harinya kembali ia menjumpai Nabi Musa. Kemudian ia berkata, “Wahai Nabi Musa, aku rela Allah SWT memasukkan aku ke dalam neraka-Nya, akan tetapi aku meminta satu permohonan. Aku mohon agar setelah tubuhku ini dimasukkan ke dalam neraka maka jadikanlah tubuhku ini membesar sebesar-besarnya sehingga seluruh pintu neraka tertutup oleh tubuhku, jadi tidak akan ada seorangpun akan masuk kedalamnya”. Nabi Musa menyampaikan permohonan itu kepada Allah SWT. Setelah mendengar apa yang disampaikan oleh Nabi Musa maka Allah berfirman, “Wahai Musa, sampaikan kepada ummatmu itu bahwa sekarang Aku akan menempatkannya di surga-Ku yang paling tinggi”. Wallahu A’lam.

(Disadur dari kitab Al-Aqidah at-Tahawiyah)

Tidak ada komentar: